Desa Dukuh Gelar Pelatihan Pengurusan Jenazah

Desa Dukuh Gelar Pelatihan Pengurusan Jenazah

Merawat dan membersihkan jenazah adalah kewajiban bagi umat muslim. Selain karena hukumnya fardu kifayah, pemeliharaan jenazah juga merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada orang yang sudah meninggal. Sebelum dimakamkan hendaknya jenazah harus berada dalam keadaan suci. Sehingga sanak keluarga harus merawat jenazah guna mensucikannya. Merawat jenazah diantaranya adalah memandikan, mengkafani dan mensolatkan.

Keutamaan dalam merawat jenazah terdapat pada Al-Quran dan hadist. Seperti contoh: keutamaan memandikan jenazah dijelaskan dalam hadist HR Al-Hakim dalam Mustadrak : 1/354, 1/362, Ath-Thabarani dalam Mu’jam Al-Kabir : 929 dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shaihut Targib Wat Tarhib : 3492 Lihat pula Ahkamul Janaiz : 69 oleh Imam Al-Albani

Pemahaman tentang pengurusan jenazah tentu sangat diperlukan apabila ada seseorang yang meninggal dunia. Beberapa orang cenderung tidak mau ketika diminta memandikan jenazah. Berbagai alasan muncul seperti takut, malu dan tidak tahu caranya.

Maka dari itu, diperlukannya pemahaman tentang pengurusan mayit menjadi perhatian bagi pemerintah Desa Dukuh untuk memberikan pemahaman dan pelatihan tatacara memandikan jenazah. Untuk itu, pada Selasa tanggal 7 januari 2020, pemdes dukuh mengadakan pelatihan pengurusan jenazah dengan menghadirkan narasumber dari MUI desa, diantaranya H. Mustofa, ustadz Ida serta ustadz Ade dan dihadiri oleh masyarakat serta beberapa tokoh desa dukuh.

“ya, bagus sekali ada pelatihan seperti ini. Jadi kita bisa tau apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat pengurusan jenazah. Kita jadi tau juga sunah sunahnya apa saja” ucap Rina, salah satu perserta pelatihan.

Setelah pelatihan ini, pemerintah Desa Dukuh berharap semoga masyarakat menjadi tahu dan tidak takut lagi ketika diminta memandikan jenazah.

Dipost Oleh KimMadani

Post Terkait

Tinggalkan Komentar