DESA KEKERAN KECAMATAN MENGWI MELAKUKAN STUDI BANDING KE DESA CIBEUREUM KECAMATAN KERTASARI

DESA KEKERAN KECAMATAN MENGWI MELAKUKAN STUDI BANDING KE DESA CIBEUREUM KECAMATAN KERTASARI

Foto bersama Perangkat Desa Kekeran dengan Kepala Desa Cibeureum, Efi Nur Taufik H, A.Md (foto : Firman Ahmad Kurniawan)

Penulis : Vredo

Cibeureum – Untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan tata kelola pemerintahan, Pemerintah Desa Kekeran Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Provinsi Bali, mengajak 36 personil pemerintahan desa didampingi Pendamping Dinas PMD Kabupaten Badung, Orfalim Kalapadang dan Pendamping Kecamatan Mengwi Sri Ayu Adnyani mengunjungi pemerintahan Desa Cibeureum, Kamis (19/12).
Kunjungan rombongan tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Cibeureum Efi Nur Taufik Hidayat, serta jajaran Pemerintah Desa Cibeureum dan jajaran pengurus serta anggota lembaga Desa Cibeureum.
Dalam sambutannya, Kepala Desa Cibeureum menyampaikan terima kasih dan menyambut baik atas kunjungan ini. Tata kelola pemerintahan Desa Cibeureum merupakan tata kelola pemerintahan yang meraih Juara I Tingkat Kabupaten Bandung dan juara II Tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2019.
“Namun demikian walaupun juara tingkat Kabupaten dan Provinsi pasti masih ada hal yang kurang dan mungkin banyak kelebihan yang perlu digali dan bisa sebagai bahan acuan untuk diterapkan di desa Cibeureum” tutur Efi.
Disamping itu, dikatakan Efi, Tata kelola pemerintahan Desa Cibeureum ini sudah ada sejak tahun 2018 dan terus dirintis secara bertahap dengan melibatkan seluruh unsur pemerintahan dan lembaga Desa Cibeureum.
Sementara itu, Perbekel Desa Kekeran Kabupaten Badung, i Nyoman Surwarda, menyampaikan terima kasih atas penyambutan dan penerimaan kunjungan tata kelola pemerintahan di Desa Cibeureum ini,
“Kunjungan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola tata kelola pemerintahan di desa Kekeran Kabupaten Badung maka dari itu kita mengajak 36 orang aparatur pemerinth desa dan pendamping untuk melihat secara langsung pengelolaan tata kelola pemerintahan di Desa Cibeureum dan juga melihat kondisi serta dukungan pemerintah setempat dalam pengelolaan Tata kelola pemerintahan Desa Cibeureum ini dan berbagai inovasinya,” urai Nyoman.
Disampaikan Nyoman, di Kekeran terdapat potensi yang cukup lumayan namun belum semua mampu mengelola tata kelola pemerintahan desa terlebih dalam inovasi desanya. “Dengan kunjungan ini semoga bisa menimba ilmu dan mengembangkannya di desa kekeran untuk ke depan,” tambahnya.
Kepala Desa Cibeureum memaparkan bahwa prestasi pemerintah desa Cibeureum menjadi Juara tingkat Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat bukanlah hal yang instan. “Sejak tahun 2018 dirintis oleh Pemerintah desa dengan melibatkan lembaga desa dan pemerhati tata kelola pemerintahan sehingga terus meningkat partisipasi masyarakatnya dan dapat dukungan dari pemerintah desa sehingga tata kelola pemerintahan ini didukung berbagai pihak beberapa pilar antara lain Pemerintah Desa, masyarakat, di desa Cibeureum,” terang Efi.
Ditambahkannya, ada beberapa inovasi di Desa Cibeureum antara lain perwujudan kampung teatik seperti kampung zero waste, kampung ramah anak, kampung domba, posyandu multifungsi sampai dengan digitalisasi pelayanan desa.
Kepala Desa Cibeureum mengatakan bahwa dukungan anggaran setiap tahun terus ditingkatkan sesuai kebutuhan riil dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan. “Contoh dulu, sebelum disulap jadi Kampung Zero waste, di lokasi tersebut merupakan lokasi kumuh yang jauh dari kesan bersih dan sehat. Tahun ini, bisa kita lihat wilayah tersebut merupakan wilayah asri dan indah dengan berbagai aktivitas masyarakat yang lebih proaktif dalam masalah lingkungan.” kata Efi.
Hadi menggarisbawahi bahwa keterlibatan pemerintah desa, Lembaga Desa, masyarakat dan stakeholder yang lain menjadikan Tata kelola pemerintahan Desa ini berkembang dan terus maju. “Yang terpenting ada kata kuncinya yaitu niat yang tulus dan motivasi semua pihak terutama Kepala Desa sebagai pemegang kebijakan tertinggi di desa pun dukungan masyarakat itu yang terpenting,” tandasnya.

Dipost Oleh Cibeureum

Post Terkait

Tinggalkan Komentar