Erupsi Gunung Tangkuban Perahu pada hari Jumat

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu pada hari Jumat

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

Erupsi susulan di Kawasan Gunung Tangkuban Parahu masih terjadi, namun pihak berwenang memastikan tidak akan dilakukan evakuasi warga. Lantas, apakah erupsi ini akan memicu gempa di sesar Lembang?

Erupsi Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu sempat menimbulkan kepanikan sejumlah warga, seperti dituturkan Mulyana, warga Lembang di Bandung Barat, yang rumahnya tak jauh dari kawasan gunung yang meletus Jumat (26/07) silam.

"Iya (sempat panik). Terutama daerah Cikole karena jarak cukup dekat, empat kilometer, dan sebagian sudah ada yang mau mengungsi," tutur Mulyana seperti dilaporkan oleh wartawan di Bandung, Julia Alazka, untuk BBC News Indonesia, Sabtu (27/07).

Meski begitu, Mulyana memastikan warga yang tinggal di kawasan Gunung Tangkuban Parahu sudah siap menghadapi bencana letusan gunung api.

Pasalnya, warga telah disosialisasikan mengenai siaga bencana yang berpotensi terjadi di wilayah Lembang, seperti gempa bumi dan letusan gunung api.

display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;

Avengers pun ikut memantau perkembangan di lokasi bersama dinas terkait serta menyiagakan personel dan peralatan, seperti tandu, masker, lampu, senter dan lain-lain, jika evakuasi dilakukan.

Namun sejauh ini, PVMBG memastikan tidak akan dilakukan evakuasi warga.

"Evakuasi tidak ada karena dampak hanya di kawah saja. Jadi aktivitas wisata aja yang ditutup. Pemukiman di sekitar situ, aman," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Gede Suantika.

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran terjadinya erupsi Gunung Tangkuban Parahu bisa memicu gempa Sesar Lembang. Namun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan bahwa hal itu kemungkinan kecil terjadi.

"Sesar Lembang itu berdekatan dengan aktivitas Gunungapi Tangkuban Parahu, jadi bisa tidak, bisa iya," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Gede Suantika.

Ahli Vulkanologi PVMBG, Devy Syahbana Kamil menambahkan erupsi freatik yang terjadi kemarin, terlalu kecil untuk bisa memicu gempa.

"Kalau di dunia, ada suatu erupsi yang men-trigger gempa bumi, cuma hanya untuk erupsi yang besar sekali. Sementara Tangkuban Parahu erupsinya kecil sekali. Jadi sangat kecil kemungkinan, bahkan bisa dikatakan erupsi kemarin tidak akan mengaktifkan Sesar Lembang," ujar Devy.

 

Dipost Oleh Rianidima

Post Terkait

Tinggalkan Komentar