FKBS kabupaten Bandung Sarankan Libatkan Peranan Sosial di Desa

FKBS kabupaten Bandung Sarankan Libatkan Peranan Sosial di Desa

FKBS kabupaten Bandung sarankan Libatkan Peranan Sosial dan KIM

KNJ - Forum Komunikasi  Kabupaten Bandung Sehat (FKBS)Kabupaten Bandung menyarankan agar dalam pelaksanaan kegiatan kesehatan melibatkan Puskesos juga KIM sebagai wahana Informasi yang ada di desa.

 

Sebab keterkaitan sosial tingkat desa ada di Puskesos, jadi tinggal melakukan advokasi fasilitasi saja,  selain itu manfaatkan sarana informasi di Desa ada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dapat mengakses informasi ke masyarakat juga pemerintah, "Ungkap Sekjen Forum Komunikasi Kabupaten Bandung Sehat Arif di Aula Kec. Ibun, Senin (11/11).

 

Disinggung Arif, SLRT Kab. Bandung merupakan terbaik tingkat Nasional, tentu dalam mengaplikasikan data itu lebih akurat, dan perkembangan Puskesos nya juga sudah terbentuk di setiap desa dan kelurahan. Sehingga pantas saja SLRT Kab. Bandung  terbaik.

 

Ia berharap di tingkatan RW setiap desa lingkungan nya sehat. Arif menirukan apa yang disampaikan ibu Bupati bahwa menyampaikan, Bersih Nyaman Aman dan sehat (Bernas) itu bagian dari Pengembangan kota/ Kabupaten, Bandung sehat, "ini sangat erat hubungannya dengan kita semua, selaku pelaku kegiatan sosial," katanya.

 

Dengan melibatkan banyak unsur, mulai dari bidang kesehatan, yakni puskesmas, puskesos, PKK, yang mengacu pada tatanan Kabupaten Sehat. Meliputi, Kawasan pemukiman sehat, prasarana sehat, kasawan sarana lalin tertib, Kawasan pertambangan sehat, kawasan pertanian sehat, Industri sehat, wisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan kehidupan yang sehat.

 

Camat Ibun Ajat Sudrajat SH., SE., M.Si mengatakan masyarakat Ibun ini lain dari warga lain karena mereka fokus dalam kegiatan, sehingga terjalin berkesinambungan antara program pemerintah dengan masyarakatnya.

 

" Warga Ibun lebih fokus dengan apa yang dikerjakan dalam kegiatan kemasyarakatan, " katanya dengan di dampingi Polsek Ibun Iptu Carsono.

 

Ketua FKKS Kec. Ibun Hj. Rina Nurjanah  menyampaikan, keberadaan FKKS ini harus menjadi fasilitator bagi tingkat desa terutama dalam menangani persoalan yang mendukung terhadap kebersihan. 

 

" Jadi di tingkat desa juga ada Namanya FDS (Fotum Desa Sehat), pihak desa harus melaksanakan program yang mendukung terhadap lingkungan agar sehat, " singkatnya.

Post Terkait