GELIAT DISKOMINFO KAB. BANDUNG MENGHIDUPKAN KIM

GELIAT DISKOMINFO KAB. BANDUNG MENGHIDUPKAN KIM

Pelatihan Website KIM 2019

KIM Rahayu 46 - Keberadaan dan derasnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini, perlu dimanfaatkan secara optimal dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat maupun dalam penyebaran informasi.

Akan tetapi, bagi masyarakat bukanlah hal yang mudah dalam memanfaatkan TIK secara tepat, maka dari itu diperlukannya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) atau komunitas sebagai lembaga sosial yang dibentuk sebagai jembatan informasi masyarakat dan pemerintah, maupun sebaliknya.

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bandung, melalui Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik, Seksi Pengembangan dan Kemitraan Komunikasi Publik, terus berupaya melakukan inovasi di setiap kegiatannya, yaitu dengan melakukan pelatihan berbasis praktik, aplikatif dan berkelanjutan.

Sebagai contoh, dilaksanakanlah Pelatihan Website KIM yang diikuti oleh 46 KIM se-Kabupaten Bandung pada 30-31 Juli 2019. Mereka diberikan pelatihan dan praktik secara langsung dalam hal pemanfaatan website sebagai sarana informasi publik. Nantinya, website KIM akan diintegrasikan dengan laman milik Diskominfo agar layanan informasi lebih terdiseminasi.

Kepala Diskominfo, Atih Witartih, menuturkan, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup masyarakat khususnya bagi KIM, tentu diperlukan kerjasama dan dukungan semua elemen masyarakat.

“Oleh karena itu, kualitas pembinaan-pembinaan terus ditingkatkan agar KIM dapat merasakan dampaknya. Selain itu, KIM juga diharapkan dapat benar-benar menjadi lembaga layanan publik yang bisa memberikan informasi kepada masyarakat mengenai isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya,” jelas Atih.

Di tengah antusiasnya para peserta pelatihan, Atih menyayangkan ketidakikutsertaan seluruh KIM yang ada di Kabupaten Bandung, dari 90 KIM yang dibentuk, hanya 46 KIM yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

(hnd/mfm)

Dipost Oleh Kim_Rahayu

Post Terkait