LIMA SITUS MAKAM JADI CAGAR BUDAYA ADA DI NEGLASARI

LIMA SITUS MAKAM JADI CAGAR BUDAYA ADA DI NEGLASARI

INI SALAH SATU SITUS HUNYUR DARI LIMA SITUS MAKAM JADI CAGAR BUDAYA ADA DI NEGLASARI, KONON HUNYUR INI TEMPAT BERUNDINGNYA PARA SYEH DAN WALI

KNJ -  Saat ini Desa Neglasari memiliki Tempat bersejarah yang di telah cetuskan menjadi Situs Cagar Budaya, Situs peninggalan yang berbentuk bangunan sedikit kuno di kala tiba Bulan Mulud, Rajab dan hari Raya Besar banyak pengunjung yang melakukan ziarah, baik masyarakat setempat maupun dari luar Kabupaten berdatangan, sebab tempat ziarah itu memiliki momen penting yang sangat bersejarah sebagi tempat suci untuk melakukan berdo’a. Pada masa kejayaannya datang  ulama syekh yang mengaku saudagar / pedagang eceran padahal tujuan utamanya menyebarkan Agama Islam, karena pada saat itu, yang konon ceritanya sebelum Islam masuk dikuasai oleh Agama Hindu.

 

Situs/ Bangunan Cagar Budaya itu antara lain :

  1. Situs Cikahuripan ialah tempat mandi bertempat di sirah Cai Cikahuripan Air Nyusu, dan tempat berdoa di makam Adipati dan Sangga Diperana berbentuk Sanggar/Musola, lokasi di Kp.Cikahuripan RT 01/ RW 01 Dusun I, Desa Neglasari Kec. Ibun Kab. Bandung.
  2. Situs Gintung, berlokasi di Kp. Gantungan Rt 03 RW 02 Dusun I Desa Neglasari Kec. Ibun, Kab. Bandung.
  3. Situs Dukuh ( Sembah Dalem Salaka Domas, berlokasi di Kp. Dukuh RW 013 Dusun II, Desa Nelasari Kec. Ibun, Kab. Bandung.
  4. Situs Pedaleman Sumpena, lokasi di Kp.Tanu RW 08, Dusun III Desa Neglasari Kec. Ibun, Kab. Bandung.
  5. Situs Garuda Ngupuk, bertempat di Kp. Galudra Rw 06 Dusun III, Desa Neglasari Kec. Ibun, Kab. Bandung.

KIM sangat bermanfaat bukan....

 

 

 

 

 

 

 

Post Terkait