MANFAAT SAPA WARGA DAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT DESA CILUNCAT

MANFAAT SAPA WARGA DAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT DESA CILUNCAT

Pada Rabu 20 November 2019 Desa Ciluncat kedatangan kunjungan dari Tim Sapa Warga dari Diskominfo Prov.Jawa Barat bersama Tim Aptika dalam rangka monitoring evaluasi program aplikasi Sapa Warga sampai sejauh mana efektivitas dan manfaat teknologi aplikasi komunikasi ini dapat terserap kepada semua RW yang ada di wilayah Desa Ciluncat ini.

Ditemui pula Bp.Komara Ega Permana Putra selaku PLT Kepala Desa Ciluncat di ruang kerjanya bersama Tim Aptika sedang berbincang masalah hal tersebut diatas didampingi oleh bp.Yoga dari Diskominfo Prov.Jabar.

Perkembangan teknologi semakin berinovasi mewarnai dunia maka semakin dekat dan semakin mudah menggenggam dunia. Mengapa tidak? Semua bisa kita nikmati hanya dalam satu genggaman. Iya betul sekali, dengan adanya tekologi komunikasi smartphone sangat memudahkan kita mengenal dunia. Karena sejatinya kehadiran teknologi bukan untuk dihindari melainkan kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk dapat memajukan desa kita. Semua pasti ada positif dan negatifnya, namun kalau kita bisa memfilter insya Allah akan merasakan manfaatnya salah satunya adalah sebagai layanan publik, di dalamnya nanti akan berisi konten tentang perizinan. Ada juga konten-konten aplikasi layanan publik lain dan sebagainya salah satunya adalah pemanfaatan Sapa Warga yang berada dalam ranah Diskominfo. Sapa warga merupakan program pemprov jabar, yang mana dengan adanya program tersebut diharapkan mampu memudahkan pemberikan aksesibilitas kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik dan menjamin keakuratan. Sapa Warga merupakan terobosan untuk mendukung desa digital.

Tujuannya diadakannya program desa digital bertujuan untuk menyediakan akses internet di desa yang sebelumnya tidak memiliki koneksi internet sama sekali. Lebih utama, program ini untuk meningkatkan literasi masyarakat di berbagai bidang seperti pendidikan dengan memanfaatkan teknolog digital. Intinya untuk mengurangi kesenjangan penggunaan internet antara desa dan kota. Mau desa atau kota harus sama-sama merasakan.

Semakin kita mengenal teknologi, semakin berinovasi, dan semakin memberi kemudahan. Jangan sampai hadirnya teknologi menyebabkan kinerja kita semakin menurun.
Pengurus tingkat RW harus bangga, semoga tidak merasa terbebani dengan alat telekominasi ini. Semuanya ini butuh proses, sosialisasi dari diskominfo mengenai edukasi penggunaan  aplikasi 'sapa warga' yang ada di smartphone bapak/ibu pengurus RW. Ayo kita sukseskan program sapa warga untuk menyukseskan program desa digital di Desa Cluncat yang kita cintai ini.

Menyinggung tentang keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Ciluncat, di sela-sela waktu kami sempatkan wawancara sedikit bersama Bp.Komara Ega Permana Putra selaku Plt Kepala Desa Ciluncat, bahwa keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat di Desa Ciluncat sangat diperlukan serta mendukung keberadaanya tinggal berinovasi serta menggali informasi potensi yang dapat dikembangkan yang dapat berhasil guna serta bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah pada umunya, demikian tutur beliau di meja kerjanya (20/11).

Dipost Oleh Kim_desaciluncat

Post Terkait

Tinggalkan Komentar