OH STUNTING REMBUG DESA JADI SALAH SATU PEMECAHAN MASALAH

OH STUNTING REMBUG DESA JADI SALAH SATU PEMECAHAN MASALAH

OH STUNTING REMBUG DESA JADI SALAH SATU PEMECAHAN MASALAH

KNJ - Kegiatan Rembug Desa sehat, dan sosialisasi Stunting  yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Neglasari, Kecamatan Ibun, Kab.Bandung, menjadi salah satu langkah alternatif upaya untuk memecahkan masalah kesehatan guna menyelamatkan generasi manusia yang akan datang.

Acara di hadiri oleh Kepala Desa Neglasari, Pendamping Desa,  Ketua Puskesos Asyfa  Sabilulungan, Ketua KIM dan Kader Desa Neglasari.

Kepala Desa Neglasari bapak ujang Wahyudin dalam sambutanya menyampaikan, saat ini pemerintah telah begitu peduli terhadap tumbuh kembang manusia, sehingga dengan adanya program ini kedepan tidak ada lagi warga yang termasuk stunting. oleh karenanya, pemerintah desa saat ini bersama pendamping juga melibatkan kader dan pihak puskesmas akan terus melakukan upaya pencegahan supaya warga Neglasari sehat.
 
Sementara Pendamping Desa Ahmad Husaeni menjelaskan, kegiatan ini di selenggarakan sebagai langkah awal pencegahan stunting kepada masyarakat, yaitu dengan membentuk KPM (Kader Pembangunan Masyarakat), dan Rembug Desa Sehat  yang di bentuk secara musyawarah.
 
Stunting merupakan kondisi dimana badan anak pendek dibandingkan dengan anak seusianya yang di sebabkan oleh kekurangan gizi. Di tiap desa telah terdapat data stunting, namun karena masih dalam tahap validasi, data tersebut belum bisa di publiksikan kepada masyarakat.
 
Sampai saat ini, masyarakat masih belum banyak mengetahui tentang apa itu sunting, apa saja faktor penyebabnya, bagaimana mendeteksinya, serta bagaimana upaya pencegahanya.

 

Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan kesehatan masyarakat, pencegahan stunting melalui Rembug Desa Sehat (RDS).

Ketua KIM Desa Neglasari menambahkan, keberlangsungan hidup masyarkat merupakan kewajiban pemerintah pula, sehingga dalam upaya penanganan dan pencegahan butuh keseriusan pemerintah dalam mengambil tindakan juga kebijakan.

"Nah, salah satunya langkah ini sehingga pemerintah pusat sampai daerah hingga desa langsung mengambil sikap serius demi kesejahteraan masyarakat pada intinya," katanya.

 

 

Post Terkait