Orientasi Lapangan Pemerintah Desa Buduk Bali ke Desa Cibeureum

Orientasi Lapangan Pemerintah Desa Buduk Bali ke Desa Cibeureum

Foto Bersama Pemerintah Desa Buduk (Bali) dan Pemerintah Desa Cibeureum (Bandung). (Foto Dok. Firman Ahmad Kurniawan)

Penulis : Agus Candra Ningrat

Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada tahun 2019 ini terus mendapatkan kehormatan menerima kunjungan dari luar daerah Provinsi Jawa Barat.

Secara berurutan mulai dari Kabupaten Sumbawa NTB,  Kabupaten Sampang Madura,  lalu Dinas PMD Provinsi Jawa Timur  dan  kemudian Forum Komunikasi Wali Nagari  atau FKWN Se-Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Kini, kembali kedatangan tamu dari luar pulau lainnya.

Memasuki penghujun tahun 2019  tepatnya jum’at  tanggal 1 november 2019  Pemerintah Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat  kembali kedatangan rombongan tamu.  Kali ini dari Pemerintah Desa Buduk Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Tamu yang berjumlah sebanyak 28 orang tersebut  dipimpin oleh Perbekel Desa Buduk, Ketut Sudarsana  dan sekretaris Camat Mengwi, I Nyoman Suhartana, S.STP.,MM, serta perwakilan Dinas PMD Kab. Badung.

Dalam kunjungan yang bertema “orientasi kerja: peningkatan kapasitas aparatur desa dalam tata kelola pemerintahan desa” ini hadir pula pendamping desa cibeureum, Panji Hasbi As-shiddiq.

Sekretaris desa cibeureum Agus Candra Ningrat membuka acara dimaksud, dilanjutkan dengan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan oleh Sekcam Mengwi  I Nyoman Suhartana, S.STP.,MM.

Dari pihak Pemerintah Desa Cibeureum, Ketua BPD Cibeureum mengawali sambutan selamat datang  yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Perbekel Desa Buduk, Ketut Sudarsana.

Acara inti kemudian diisi dengan penyampaian paparan desa oleh Kepala Desa Cibeureum, Efi Nur Taufik Hidayat, A.Md.

Dalam kesempatan tersebut, Efi Nur Taufik menyatakan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Buduk Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Provinsi Bali yang telah berkenan hadir berkunjung ke Desa Cibeureum. Menurutnya, apa yang diraih oleh Desa Cibeureum sebenarnya bisa dilakukan oleh Desa Buduk dan desa-desa lainnya. Yang utama adalah bagaimana pemerintah desa siap untuk maju.

Sementara itu, pada kesempatan lain, Ketut Sudarsana menegaskan bahwa Dinas PMD Kabupaten Badung tidak salah menunjuk Desa Cibeureum untuk dijadikan rujukan bagi Desa Buduk.

Melihat keberhasilan desa cibeureum meraih prestasi di tingkat Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa barat, Ketut menambahkan bahwa apa yang dilakukan Desa Cibeureum terutama dalam pengelolaan Pemerintahan desa  dan inovasi yang dilakukan pastinya tidak terlepeas dari kerja keras Kepala Desa Cibeureum. Hal tersebut menurutnya, patut ditiru dan dilakukan di Desa Buduk yang notabene mempunyai potensi maju seperti Desa Cibeureum.

Acara ditutup dengan pemberian cenderamata dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan poto bersama di halaman desa cibeureum.

 

 

 

Dipost Oleh Cibeureum

Post Terkait

Tinggalkan Komentar