Orientasi Lapangan Pemerintah Sambaliung Kalimantan Timur Ke Desa Cibeureum

Orientasi Lapangan Pemerintah Sambaliung Kalimantan Timur Ke Desa Cibeureum

Foto bersama aparatur pemerintah sambaliung kalimantan timur di halaman kantor desa cibeureum.

Penulis : Vredo

Buah dari prestasi yang diraih Desa Cibeureum kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada tahun 2019 cukup mengundang perhatian dan kekaguman bagi sejumlah desa di daerah lain. Berbekal sebagai juara 1 lomba desa tingkat kabupaten Bandung dan juara 2 tingkat propinsi Jawa Barat, Desa Cibeureum pada tahun 2019 memang menjadi primadona baru yang mengundang daya tarik tersendiri. Tak kurang dari 6 (enam) desa maupun pemerintah kecamatan dan provinsi dari luar Jawa barat pernah bergantian datang untuk melakukan kegiatan studi banding maupun orientasi lapangan. Seperti pada hari Rabu tanggal 11 Desember 2019 kemarin.
Pemerintah kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau Kalimantan timur dengan membawa tak kurang dari 65 peserta melakukan lawatan ke Desa Cibeureum kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Sebagaimana kunjungan-kunjungan sebelumnya, peningkatan kapasitas pemerintahan desa, lembaga desa dan inovasi desa menjadi sasaran kegiatan orientasi lapangan tersebut.

Kepala Desa Cibeureum kecamatan Kertasari, Efi Nur Taufik Hidayat dalam paparannya menjelaskan bahwa sebenarnya pengelolaan pemerintahan desa harus dilakukan dengan melibatkan semua unsur, baik Pemerintahan di tingkat kecamatan dan Kabupaten, namun yang tidak kalah penting adalah bagaimana SDM perangkat desa dan konsolidasi dengan semua unsur lembaga desa, apakah itu BPD, LPM dan yang lainnya. Bahkan keterlibatan langsung pemerintah desa dengan masyarakatnya itulah yang membuat Desa Cibeureum mampu bersaing dengan desa yang lain yang terletak di kawasan perkotaan.

Lebih lanjut Efi mengatakan bahwa sebenarnya semua desa bisa meraih prestasi atau paling tidak bisa maju dengan berbagai potensi yang dimilikinya, tinggal bagaimana seorang kepala Desa sebagai pemimpin mau dan mampu memaksimalkan potensi yang ada tersebut.

Sementara dari pihak Pemerintah Kecamatan Sambaliung yang diwakili oleh Sekretaris Camat Sambaliung, Aidil Fitri, beliau secara gamblang menyampaikan apresiasi terhadap Kepala Desa Cibeureum yang cukup sukses mengelola desa walaupun dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Menurutnya, sistem pengelolaan pemerintahan desa Cibeureum akan diterapkan di Kampung (Desa) yang ada di Sambaliung khususnya guna menyongsong Kalimantan sebagai ibukota negara yang baru.

Dipost Oleh Cibeureum

Post Terkait