PENANAMAN BIBIT POHON DI WILAYAH DESA MANGGUNGHARJA

PENANAMAN BIBIT POHON DI WILAYAH DESA MANGGUNGHARJA

LAUNCHING PENANAMAN POHON BERSAMA MASYARAKAT, KETUA RW, MAHASISWA, PERANGKAT DESA, KAPOLSEK, DANRAMIL, DINAS LINGKUNGAN HIDUP

 

Pada hari Jum’at 26/07/2019 diadakannya Kegiatan Penghijauan yang dilakukan di wilayah Desa Manggungharja, dengan kegiatan penghijauan maka lingkungan sekitar tempat tinggal akan terasa lebih sejuk, ketersediaan air tanah akan terjamin dan dapat meningkatnya kesuburan tanah. selain itu reboisasi juga dapat menurunkan pemanasan global atau global warming.

Apasih manfaatnya dari penanaman bibit pohon Ini dia beberapa jawabannya:

1. Manfaat estetis (keindahan), pohon memiliki beberapa bentuk tajuk yg khas sehingga memiliki ke indahan tersendiri.

2. Manfaat Orologis,  akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah.

3. Manfaat Hidrologis,  dalam hal ini di maksudkan bahwa tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan.

4. Manfaat Klimatologis,  dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman.

5. Manfaat Edaphis,  ini manfaat dalam kaitan tempat hidup binatang.

6. Manfaat Ekologis,  lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam.

7.  Manfaat Protektif,  manfaat protektif adalah manfaat karena pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara.

8. Manfaat Hygienis, adalah sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran.

Kegiatan Penanaman Bibit Pohon yang dilakukan oleh beberapa warga masyarakat Desa Manggungharja, RT/RW Desa Manggungharja, Perangkat Desa dengan di bantu oleh mahasiswa/i KKN UNINUS dan mahasiswa/i KKN UPI, BPD Desa Manggunghajra, LPMD Desa Manggungharja, KAPOLSEK, DANRAMIL, dari PIHAK KECAMATAN, DINAS LINGKUNGAN HIDUP, juga dari anggota KOMUNITAS PECINTA ALAM NGASRUK.

Penanaman awal bibit pohon dilakukan di halaman belakang desa, dan sisa bibit bibit pohon juga telah disebar luaskan di wilayah Desa manggungharja di 22 RW.

 

 

 

Dipost Oleh Kimraharja

Post Terkait