Retakan Tanah di Kampung Ciandong Dikhawatirkan Terjadi Longsor

Retakan Tanah di Kampung Ciandong Dikhawatirkan Terjadi Longsor

Dukuh - Hujan deras minggu malam guyur kawasan Desa Dukuh dan sekitarnya. Dilaporkan terdapat retakan tanah yang cukup besar terjadi di perbatasan kampung ciandong rt 01 dan rt 02 rw 10 Desa Dukuh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Berlokasi di pesawahan yang sebelumnya telah terjadi longsor yang besar, warga khawatir jika cuaca semakin buruk tanah tidak dapat menahan massa air dan berakibat longsor.

Diketahui panjang retakan kurang lebih mencapai 70 meter dengan lebar 1 sampai 8 centimeter dan mengalami penurunan tanah setinggi 20 sampai 60 sentimeter. Akibat retakan tanah ini mengakibatkan setidaknya 5 (lima) petak tanah serta 3 (tiga) kebun rusak.

Retakan ini diduga dipicu oleh hujan yang terus mengguyur dari sore hingga subuh pada minggu 26 Januari 2020, selain iu keadaan tanah yang gembur, mudah menyerap air dan berada pada kemiringan 350 menjadi faktor utama retakan ini terjadi.

Dilaporkan terdapat 15 unit rumah warga yang dikhawatirkan akan terdampak apabila terjadi longsor. Sampai saat ini, kepolisian dan pemerintah setempat masih siaga berjaga jaga dan terus menghimbau warga agar selalu waspada

Dipost Oleh KimMadani

Post Terkait

Tinggalkan Komentar