Selayang Pandang Desa Cibeureum Kec. Kertasari Kab. Bandung

Selayang Pandang Desa Cibeureum Kec. Kertasari Kab. Bandung

Cibeureum Pantes

Desa Cibeureum berada di dekat hulu sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Desa Cibeureum mendukung program Citarum Harum yang merupakan program bersama dari pusat yang didukung oleh berbagai elemen utamanya BBWS Citarum, Kodam III Siliwangi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bandung. 

Letak geografis Desa Cibeureum sebelah utara berbatasan dengan Desa Sukapura, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tarumajaya, Sebelah Barat Berbatasan dengan Kecamatan Pangalengan dan Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Cihawuk.

Perlu diketahui, bahwa Desa Cibeureum mempunyai Visi dan Misi yang dirangkum menjadi PANTES (Produktif, Agamis, Nyaman, Tertib dan Sehat) 

Kelembagaan yang ada di Desa Cibeureum sudah lengkap yang terdiri dari BPD, LPMD, TP PKK, Karang Taruna, MUI Desa dan Linmas Siaga.

Kepala Desa Cibeureum, Efi Nur Taufik H, A.Md membuat beberapa Inovasi untuk menunjang kegiatan atau aktifitas masyarakat/perangkat Desa Cibeureum, seperti : Gotong Royong, Kelompok Wanita Tani, Posyandu Multifungsi (Inovasi Bidang Kemasyarakatan), Kampung Ramah Anak, Kampung KB, Kampung Zero Waste, Kp. Domba, Tanggap Siaga Bencana, Posyantek Desa, Pengelolaan Sampah dan Pengelolaan saluran air (Inovasi bidang kewilayahan), Pelayanan 7 Hari Kerja, Pelayanan SKTM 24 Jam, Finger Print, CCTV, Website Desa, Perpustakaan Digital, Perpustakaan Keliling  dan Damkar Desa (Inovasi Bidang Pemerintahan). 

Desa Cibeureum juga telah mempunyai BUMDES Sakinah yang mempunyai usaha 7 unit POM Mini, Bank Sampah dan Sound System. Selain bergerak dibidang usaha, BUMDES juga bergerak di bidang sosial seperti pembangunan rumah tidak layak huni.

Dipost Oleh Cibeureum

Post Terkait